Sabtu, 11 Agustus 2007

PENGAKUAN IMAN: St. Thomas Aquinas dan St. Theresa Avila

“Jika dalam dunia ini ada pengetahuan lain tentang Sakramen ini yang lebih unggul daripada iman, maka aku berharap menggunakannya sekarang untuk mengakui dengan teguh bahwa Aku benar-benar percaya dan tahu dengan pasti bahwa Yesus Kristus, sungguh Allah dan sungguh manusia, Putera Perawan Maria, ada dalam Sakramen ini…Aku menerima Engkau, harga penebusanku, yang cintaMu aku saksikan, aku pelajari, dan aku selami. Aku berkhotbah tentang Engkau; Aku mengajar tentang Engkau. Tak pernah aku berkata untuk menentang Engkau; dan jika ada kata-kataku yang tak berkenan, itu karena ketidaktahuanku. Aku juga tidak menginginkan kekeliruan dalam pandanganku, dan jika ada kekeliruan didalamnya mengenai Sakramen ini atau mengenai hal-hal lain, Aku menyerahkan semuanya kepada penilaian dan koreksi dari Gereja Romawi Kudus, yang dalam kepatuhan kepada Gereja itu aku hendak beralih dari hidupku sekarang ini.” (diucapkan St. Thomas saat hendak menerima Komuni terakhir menjelang kematiannya)

“Dalam segala hal yang saya katakan dalam buku ini saya tunduk kepada apa yang dipegang oleh Bunda kita Gereja Romawi Kudus. Jika ada dalam isi buku ini yang bertentangan dengannya, itu adalah karena ke-tidak mengertian-ku dalam hal-hal ini. Maka aku mohon kepada orang-orang terpelajar yang akan melihat tulisan ini untuk membacanya secara hati-hati dan mengoreksi setiap kesalahan didalamnya agar benar-benar selaras dengan apa yang dipercayai oleh Gereja. Jika ada yang baik dalam buku ini, biarlah menjadi hormat dan kemuliaan bagi Allah dan bagi pengabdian kepada BundaNya yang amat terberkati, Bunda dan Pelindung kami, yang atributnya aku kenakan walaupun aku tak pantas untuk itu.” (The Way of Perfection)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar