Sabtu, 10 Oktober 2009

Gerakan Karismatik Dalam Gereja-gereja Katolik Timur

Berikut ini adalah tanya jawab dengan Dr. Anthony Dragani seorang Katolik ritus Byzantine (Ruthenian) dan salah seorang apologist di Catholic Answers.

Q: Apakah gerakan karismatik hadir dalam Gereja-gereja Timur?

A: Hal itu bergantung pada bagaimana seseorang mendefinisikan Gerakan Karismatik. Dalam pikiran sejumlah orang Gerakan Karismatik (secara salah) dihubungan hanya dengan musik praise and worship. Tentu, saja kami tidak memiliki yang seperti itu.

Bagaimanapun, aspek yang lebih mendalam dari Pembaruan ini, termasuk keintiman pribadi dengan Roh Kudus dan karunia-karunia karismatik, dapat ditemukan dalam Kekristenan Timur. Spiritualitas Kristen Timur selalu menempatkan penekanan yang luar biasa akan karya Roh Kudus. Sebliknya, beberapa orang akan berargumen bahwa Gerakan Karismatik dibutuhkan di Barat karena peranan Roh Kudus kurang nampak dalam kesalehan populer. Sementara itu kesalehan Timur selalu berpusat pada Roh Kudus.

Pembaruan ini, sebagai suatu gerakan, memiliki dampak dalam Gereja-gereja Katolik Timur. Saya mendengar bahwa dalam Gereja Maronite (khususnya di Libanon) ada banyak kelompok doa karismatik. Saya juga mengenal sekurangnya satu orang imam Katolik Byzantine yang terlibat dalam Gerakan Karismatik.

1 komentar:

  1. wah ternyata pertanyaansaya terjawab...
    Saya kira Karismatikhanya ada dlm gereja barat..
    puji Tuhan

    BalasHapus